mesin pencari

20080903

ini cerita film drupadi..

kalau isinya seperti ini, yang mana mau diprotes????

Kapanlagi.com - Sebuah film pendek, kolaborasi antara seni peran, musik dan tari diproduksi oleh CinemaArt, dengan menampilkan sejumlah tokoh muda perfilman Indonesia. Film dengan judul DRUPADI, diangkat oleh sutradara Riri Riza, sebagai karya idealis, syarat budaya yang siap untuk 'bertarung' di ajang festival.
Film yang mengangkat sepenggal lakon dari kisah khas klasik Mahabarata itu menampilkan bintang Dian Sastrowardoyo sebagai Drupadi, Dwi Sasono sebagai Yudhistira, Nicholas Saputra sebagai Arjuna, Butet Kertaredjasa sebagai Patih Sengkuni, Ario Bayu sebagai Bima dan Doni Alamsyah sebagai Adipati Karno.
Lazimnya kisah Mahabarata, film ini berkisah perseteruan dua kelompok, antara Pandawa dan Kurawa, di mana film ini mengambil sudut pandang Drupadi sebagai pusat cerita.
Drupadi sendiri dalam pewayangan adalah putri Prabu Drupada, raja di kerajaan Panchala, yang juga permaisuri Prabu Yudistira. Ia merupakan simbol perjuangan kaum perempuan yang menolak menjadi 'komoditas' kaum lelaki, dan selalu bertindak memuliakan kaumnya sebagai manusia.
Bahkan dalam kisah asli versi Mahabarata, Drupadi merupakan istri dari lima Pandawa, yaitu Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Meski kemudian dalam cerita pewayangan Indonesia 'diluruskan' hanya menjadi permaisuri Yudhistira.
Begitu pun dalam film ini, sosok Drupadi menjadi simbol perjuangan kaumnya, khususnya kaum perempuan yang dalam realitas kehidupan banyak terpinggirkan.
Film ini rencananya baru akan di-launching bertepatan dengan pelaksanaan JIFFest (Jakarta International Film Festival) pada Desember 2008 mendatang. Karenanya sebagai film festival, karya ini diprediksi bakal menjadi karya emas bagi trio produser muda, Mira Lesmana, Dian Sastrowardoyo dan Wisnu Dharmawan. (kpl/ant/dar)

No comments: